Hanung Bramantyo Kembali ke Genre Horor Lewat Trinil Setelah 17 Tahun berkutat dengan Drama dan Sejarah




Jakarta, 11 Desember 2023 - Mengawali Tahun 2024, sutradara peraih 2 Piala Citra Hanung Bramantyo menghadirkan karya baru, Trinil. Melalui Trinil, menjadi kembalinya Hanung Bramantyo di genre horor setelah 17 tahun. Kali terakhir, ia menggarap genre horor lewat Legenda Sundel Bolong pada tahun 2007, yang kisahnya berlatar tahun 1965. 

Kini Hanung Bramantyo kembali bermain dengan latar sejarah, yakni dekade 1970-an. Kala itu, Indonesia kali pertama memasuki fase pemilu dengan peserta tiga partai yaitu, PPP, Golkar, dan PDI. Pada saat itu situasi politik di Indonesia sedang memanas. Banyak terjadi pembunuhan di kalangan ulama. 

Trinil di bintangi oleh Carmela van De Kruk, Rangga Nattra, Fattah Amin, Syalom Razade, dan Wulan Guritno. Naskah Triil sendiri dipoles oleh Haqi Ahmad bersama Hanung Bramantyo.


Trinil di produksi Dapur Film dan Seven Kies Motion, mengisahkan pasutri Rara (Carmela van De Kruk) dan Sutan (Rangga Nattra) yang siap memulai hidup baru setelah berbulan madu. Rara memiliki warisan kebun teh nan luas milik William Saunder, ayahnya. Seorang Belanda yang sangat mencintai Indonesia. 

Sutan bekerja sebagai perawat di rumah sakit. Suatu malam, Rara merasakan ketindihan kala dia tidur. Padahal selama bulan madu, ia selalu nyenyak tidur di malam hari. Sadar ada yang tidak beres Sutan meminta bantuan Yusof (Fatah Amin), teman sekolahnya saat mereka di Penang, Malaysia, yang dikenal piawai dalam menangani beragam kasus mistis. Mulanya, Rara menolak ide ini. Namun, teror semakin mencekam. Puncaknya, hantu tanpa badan muncul dengan sebuah permintaan, "Trinil, balekno gembungku (kembalikan tubuhku)".

Bagi mereka yang melewati masa kecil maupun remaja di dekade 1980 dan awal 1990-an tentu familiar dengan Trinil"Trinil, balekno gembungku" yang ikonis berasal dari tokoh Mbok Suminten. Dieranya, popularitas Mbok Suminten menyaingi Mak Lampir dan Nini Pelet. Kini saatnya pecinta film menjadi saksi kengerian Trinil di layar lebar. 

Penulis : -Budi- 

Comments

Popular posts from this blog

Spoiler! Film “Heartbreak Motel” Bawa Tema Cinta Segitiga dan Toxic Relationship yang Penuh Kejutan Emosional

Kumenangis.. Ketegaran Rossa Bikin Bioskop Banjir Air Mata Para Single Mom Nangis Berjamaah

Film Komedi Horor “Sekawan Limo” Raih 2,2 Juta Lebih Penonton Bikin Semua Kepingkel lan Kemekel